Sistem Operasi Komputer

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Nama saya Reihan Hanafi Wiyanatra dan ini adalah tugas pertama dengan Mata Kuliah "Sistem Operasi Komputer" pada Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta, yang diberikan oleh Dosen Budi Sunaryo, ST., MT


SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung saat komputer booting (mulai hidup) yang bertugas untuk manajemen perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung.

Perangkat lunak sistem adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, sehingga aplikasi dapat berjalan. Perangkat lunak yang diatur oleh sistem operasi disebut dengan aplikasi, misalnya aplikasi pengolah kata dan game.

Jadi Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting


Sejarah Sistem Operasi Komputer

Menurut pendapat dari Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang amat pesat serta dapat dibagi menjadi empat generasi dan satu generasi lanjutan, antara lain ialah sebagai berikut:

1. Generasi pertama (1945 – 1955).

Sistem operasi pada generasi pertama adalah awal mula dari perkembangan sistem komputasi elektronik yang digunakan sebagai pengganti dari sistem komputasi mekanik.

Sistem yang ada di komputer dilakukan secara manual karena belum terdapat sistem operasi secara otomatis. Hal itu berarti OS belum mendukung layanan pekerjaan yang bisa dikerjakan pada 1 rangkaian.

2. Generasi ke-dua (1955 – 1965).

Pada generasi ke-dua sistem komputer telah memperkenalkan yang namanya BPS (batch processing sistem) yakni task yang dikerjakan pada satu rangkaian, kemudian akan dieksekusi secara berurutan.

Meski sistem komputer belum dilengkapi dengan adanya sistem operasi, namun ada beberapa fungsi sistem operasi yang sudah ada.

3. Generasi ke-tiga (1965 – 1960).

Di generasi ketiga perkembangan sistem operasi sudah berkembang untuk melayani banyak pengguna dalam satu waktu.

Yang mana pengguna atau user bisa berkomunikasi melalui terminal secara online ke komputer lain, sehingga sistem operasi dapat dikatakan menjadi multi user (banyak digunakan oleh user sekaligus).

Sementara untuk multi programing (atau melayani banyak program dalam satu waktu).

Sehingga bisa kita tarik kesimpulan jika generasi ini OS telah mendukung adanya layanan Multi-Programming, Multi-User serta Batch Proccessing System (Multi-Task).

4. Generasi ke-empat (1980an – pasca 1980an).

Seperti yang telah kita ketahui, sistem operasi dimanfaatkan untuk penunjang jaringan komputer. Yang mana user atau pengguna menyadari keberadaan komputer – komputer yang saling terkoneksi satu sama lain.

Pada generasi keempat ini telah diperkenalkan adanya Graphical User Interface yang disingkat sebagai GUI.

Hal itu berarti OS sudah mempunyai tampilan yang sudah bermodalkan mouse. Dimana End-User bisa menjalankan aplikasi/ software/ program.

5. Generasi “Selanjutnya”

Di generasi selanjutnya sudah diperkenalkan yang namanya Sistem di dalam suatu Sistem Operasi, serta telah ada suatu Sistem Operasi yang bergerak (Mobile) yang bekerja pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, atau yang lainnya.

Di generasi ini juga telah diperkenalkan teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual. Sehingga dalam suatu jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi dalam device yang fungsinya menjadi Server.

Serta juga telah diperkenalkan adanya Cross Platform Operating System yang berarti bisa menggabungkan 2 Sistem Operasi yang berbeda sekaligus seperti: Linux dengan Windows.


MACAM-MACAM SISTEM OPERASI KOMPUTER

1. MICROSOFT DOS (DISK OPERATING SYSTEM)




DOS adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IMB-PC maupun oleh komputer yang kompatibel dengan OS Microsoft DOS. Microsoft DOS dilauching pertama kali di tahun 1981. OS ini dibuat oleh Tim Paterson dari perusahaan Seattle Computer Products(SCT) sebelum dikembangkan oleh Microsoft.

2. MICROSOFT WINDOWS


Inilah sistem operasi generasi kedua setelah berhentinya pengembangan sistem operasi DOS. Windows adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali  oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, dan versi terbarunya yaitu windows 10. Windows sendiri menawarkan kemudahan cara pengoperasiannya bagi para User.

3. MACINTOSH (MAC OS)



Adalah Operating system yang diciptakan khusus untuk komputer Macintosh serta OS ini tidak kompatibel dengan Personal Computer yang berbasis IMB. MAC OS pertama kali dikenalkan secara publik pada tahun 1984, OS ini dibuat oleh Apple.

4. LINUX




Linux merupakan salah satu OS yang bertipe Unix modular. Linux diperkirakan dikembangkan sekitar tahu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan Kernel Monolitik. Perbedaan OS linux dari sistem operasi yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen-komponen yang terbuka.

5. UNIX

Unix merupakan sebuah sistem operasi (OS) yang dikembangkan pada tahun 1965 melalui project sebelumnya yang bernama Multiplexed Information and Computing Service atau disingkat Multics dengan harapan UNIX ini menjadi sistem operasi yang dapat melakukan multitasking, portable dan dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna (multiuser).


Semoga bermanfaat.😇




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Luas Lingkaran Script PHP, Sublime Text, XAMPP, Flowchart

Tentang Saya

Struktur Sistem dan Arsitektur Komputer